Pages

SELAMAT DATANG D VEENA'S BLOG
BELAJAR MENDESAIN BLOG DI WEB.GALLERYDUNIA.COM

Minggu, 18 Oktober 2009

CHIPSET


CHIPSET

Arti istilah Chipset dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut

Kumpulan micro chip yang berada di dalam bus PCI (Peripheral Compenent Interconnect) dan ISA (Industry Standard Architechture) berkomunikasi tanpa melibatkan CPU. Perangkat ini dapat berdiri sendiri tanpa membebani prosesor di dalam CPU, sehingga prosessor dapat melaksanakan tugas-tugas lain. Chipset PC dapat menjadi penghubung elektronik semua subsistem.

Chip-chip pada mainboard yang berperan sebagai jembatan aliran data antara subsistem sebuah PC. Chipset terbagi atas dua chip utama yang disebut northbridge dan southbridge. Chip northbridge bertugas untuk mengontrol aliran data dari processor, port AGP, dan memori utama sistem. Sementara itu, chip southbridge mengontrol aliran data dari bus PCI atau ISA, interface hard disk, dan piranti eksternal lainnya.

Dalam rangka untuk dapat berhubungan dengan memori, address bus harus melewati terlebih dahulu berbagai proses yang terdapat pada sekelompok kecil chip yang dikenal dengan chipset. Chip-chip ini (jumlahnya tergantung dari tipe dan merek dari komputer yang digunakan) melakukan kegiatan yang disebut dengan glue logic, yang bisa dikatakan bahwa chip-chip ini satu dengan lainnya, secara fisik maupun fungsi, melakukan tugas bermacam-macam hal yang merupakan inti dari proses yang dijalankan oleh komputer, termasuk di dalamnya melakukan proses pengontrolan proses tersebut. Perangkat ini memiliki kecerdasan dalam pengelolaan proses tersebut, baik terhadap CPU, memori, pengolahan grafik, dan sistem I/O. Perangkat ini dapat digambarkan sebagai pengelola logikanya komputer.

Pada saat komputer dinyalankan, ketika instruksi tidak ditemukan pada memori utama, maka chipset ini mengalihkannya ke bus lainnya, yang disebut dengan I/O bus (input/output bus), untuk menghubungkan chipset ini dengan tempat dimana terdapatnya informasi tersebut.